Belakangan ini, topik tentang body shaming hangat diperbincangkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa body shaming telah menjadi momok bagi sebagian besar orang yang mengalaminya. Bayangkan, bagaimana bisa tubuh menjadi objek sebagai bahan bully yang kadang tidak kita sadari? Perkataan seperti “eh kok kurusan” atau “kok sekarang gendutan sih” bisa membuat seseorang menjadi depresi loh. Kamu bisa kok hadapi body shaming dengan cara yang benar. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari depresi atau sedih berkepanjangan. Lalu, bagaimana cara hadapi body shaming tersebut? Berikut beberapa cara elegan yang bisa kamu tiru!

Jaga Diri Agar Tidak Mudah Sakit Hati Karena Hanya Akan Menambah Luka Hatimu

Faktor yang menjadi penyebab depresi karena body shaming adalah rasa sakit yang dipendam sendirian ketika seseorang mengalaminya. Jika kamu merasa orang di sekelilingmu sering sekali mengomentari tentang tubuhmu, ambil napas dan tenangkan diri terlebih dahulu. Jangan mudah terbawa emosi atau rasa sedih. Kendalikan pikiranmu dan segera buang jauh-jauh komentar negatif tersebut. Ingat, jangan pendam rasa sakit hati. Jika kamu tidak suka dengan body shaming, utarakan saja daripada hanya menjadi penyakit hati untukmu. Ini salah satu cara efektif dalam hadapi body shaming.

Hadapi Body Shaming dengan Memberikan Balasan Sebuah Senyuman

Jika kamu sudah bisa menangkan diri, berikan respon yang cukup pada orang yang mengomentarimu. Alih-alih sakit hati, berikan saja senyumanmu yang paling manis. Kamu tidak harus membalas perkataannya kok. Kalau itu dirasa tidak perlu dan tidak akan memperbaiki keadaan, lebih baik berikan saja senyuman sebagai respon yang paling sopan. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu merasa sakit hati karena body shaming. Memang butuh mental yang kuat untuk melakukan ini. Kamu pasti bisa!

Ambil Sisi Positifnya untuk Memperbaiki Diri

Apakah kamu sering tersinggung ketika dikomentari “kapan sih kamu mau kurus”? Bisa jadi kamu memang tengah berusaha menurunkan berat badan, hanya saja hasilnya belum signifikan. Berpikirlah positif bahwa orang yang mengomentarimu tadi tidak tahu usahamu. Kamu juga tidak perlu susah-susah menjelaskan kepadanya tentang program diet yang kamu jalani. Anggap saja perkataan tadi menjadi penyemangat agar kamu bisa memperbaiki diri. Cukup elegan bukan hadapi body shaming dengan berpikir positif?

Tidak Perlu Depresi. Tetaplah Cintai Dirimu Sendiri!

Yang paling penting adalah tetap cintai dirimu sendiri. Kamu tidak perlu mendengarkan semua perkataan negatif tentang badanmu. Bersyukurlah ketika kamu masih diberi kesehatan dengan apapun kondisimu sekarang. Hadapi body shaming dengan tindakan makin mencintai diri sendiri, bukan malah membenci dan menjadi depresi. Tetap semangat dan percaya kalau kamu adalah orang luar biasa!

Tinggalkan dan Jauhi Toxic People Adalah Cara Hadapi Body Shaming Paling Efektif

Tentu makin lama kamu makin hapal bukan siapa saja yang sering mengomentari badanmu? Sebisa mungkin jauhi saja orang-orang yang sering melakukan body shaming terhadapmu. Mereka adalah toxic people yang wajib untuk kamu hindari. Jika berhubungan dengan mereka tidak bisa memberikan efek positif untukmu, maka tinggalkan saja mereka. Percayalah, masih banyak orang yang bisa memberi energi positif untukmu kok!

Nah, itulah cara-cara paling elegan untuk hadapi body shaming. Kini, kamu tidak perlu terlalu sedih hingga depresi ketika sering mengalaminya. Tetap berdiri tegak dan berani lawan body shaming dengan cara yang baik ya!

 

catatan : gambar hanya merupakan ilustrasi