5 Tips Traveling Hemat Buat Para Backpacker. Liburan Nggak Harus Mahal!

Ingin traveling tapi biaya mepet? Ini memang menjadi salah satu faktor yang membuat anak millennial suka tarik ulur ketika hendak traveling. Padahal, traveling dapat dilakukan asal direncakan dengan baik. Berapa pun biayanya, pasti dapat dipenuhi asal disiapkan jauh-jauh hari. Kalau kamu termasuk golongan backpacker, pasti sudah sering nih nekat traveling dengan budget terbatas. Yup, liburan tidak harus mahal kok. Kamu hanya cukup menyelaraskan dana traveling yang kamu punya dengan rencana perjalananmu. Berikut ini ada beberapa tips traveling hemat buat para backpacker. Bisa kamu coba untuk rencana traveling di tahun ini nih!

Rencanakan Traveling dari Jauh-Jauh Hari

Kunci paling penting dari tips traveling hemat adalah merencanakannya sejak jauh-jauh hari. Kamu tentu merasa biaya traveling sangat mahal ketika kamu tidak mempersiapkan biaya untuk melakukannya. Jika kamu tidak memiliki dana lebih tiap bulannya, ada baiknya kamu belajar merencanakan perjalanan dalam setahun. Misalnya, pilih tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi. Tentukan juga bulan apa saja kamu ingin melakukan traveling. Setelah itu, lakukan riset mengenai tempat yang akan kamu kunjungi tersebut. Buatlah estimasi dana untuk traveling, mulai dari transportasi, akomodasi, makan, dan lain-lain. Nah, kamu dapat membuat target uang yang harus dikumpulkan dan mulai menabung dari sekarang. Sederhana bukan?

Tips Traveling Hemat Paling Efektif: Pilih Tanggal yang Low Season

Kalau mau lebih hemat, pilihlah tanggal di luar peak season alias low season. Biasanya harga-harga transportasi dan penginapan saat low season akan jauh lebih murah daripada saat peak season. Bukan berarti liburan saat low season tidak menyenangkan loh. Justru di situlah kenikmatannya. Kamu tidak perlu merasakan keramaian orang-orang yang berlebihan saat low season. Di saat orang lain masih sibuk bekerja, kamu justru dapat menikmati liburan dengan tenang. Jadi, jangan ragu untuk traveling saat low season ya!

Menginap di Hostel yang Terjangkau

Para backpacker sejati pasti sudah paham tips traveling hemat ini nih. Kamu bisa lebih berhemat ketika memilih menginap di hostel daripada hotel. Hostel tentunya memiliki fasilitas jauh di bawah hotel. Namun, hal ini cukup efektif buat kamu yang ingin traveling dengan budget terbatas. Pastikan kamu riset dulu hostel-hostel mana saja yang memiliki harga terjangkau. Selain itu, kamu juga harus tetap memerhatikan fasilitas hostel tersebut ya. Jangan sampai kamu menginap di hostel paling murah, tetapi memiliki fasilitas dan pelayanan yang buruk.

Tidak Memakai Tour Guide Bisa Menjadi Tips Traveling Hemat

Kebanyakan backpacker memilih pergi ke daerah wisata tanpa menggunakan jasa seorang tour guide. Cara ini bisa juga kamu lakukan jika ingin menghemat biaya traveling. Tentunya kamu butuh keberanian nih untuk berjalan-jalan sendirian menikmati tempat asing. Wajar saja, tidak banyak orang yang cukup berani melakukan hal ini karena takut tersesat. Namun, rasanya kamu tidak perlu takut karena teknologi sudah semakin canggih. Kamu bisa gunakan maps di smartphone dan browsing mengenai tempat-tempat yang kamu tuju. Menarik untuk dicoba bukan?

Beli Oleh-Oleh Sewajarnya, Tidak Perlu Terlalu Banyak dan Mahal

Siapa yang sering dititipi oleh-oleh tiap melakukan traveling? Rasanya agak jengkel ya ketika banyak orang meminta dibawakan buah tangan selepas liburan. Bukannya pelit, hanya saja membawa banyak barang ketika pulang liburan tentu agak merepotkan. Jadi, kamu tidak perlu membiasakan diri membeli oleh-oleh secara berlebihan ya. Beli saja oleh-oleh yang sekiranya juga masih masuk budget dengan jumlah cukup. Tips traveling hemat yang ini wajib kamu lakukan loh. Tidak mau kan uangmu ludes hanya karena gengsi tidak membawa oleh-oleh? Yuk, rencanakan liburanmu mulai dari sekarang! Semoga tips traveling hemat ini bisa membantumu mewujudkan liburan impianmu ya.